Mengukur Usia Pohon dengan Lingkaran Tahun

Cara mengukur umur pohon


Mengukur usia pohon dengan lingkaran tahun


Jika pohon telah ditebang, maka relatif mudah untuk menghitung umurnya dengan menghitung pertumbuhan atau cincin tahunan yang terlihat pada tunggul yang digergaji. Di bawah kulit pohon terdapat jaringan khusus (disebut kambium) yang membentuk sel-sel baru sehingga pohon dapat tumbuh.

Perbedaan kecepatan di mana sel diproduksi oleh jaringan ini menimbulkan cincin tahunan atau pertumbuhan. Jika kondisinya bagus untuk pertumbuhan (hangat, curah hujan teratur) maka cincin yang terbentuk akan lebih lebar dari yang dibuat pada tahun di mana pohon berjuang untuk air, atau dingin. 
Ada satu cincin untuk setiap tahun kehidupan pohon. (Pada tahun tertentu, cincin tahunan akan memiliki dua komponen - pita jaringan berwarna lebih terang (pembuluh besar) yang terbentuk pada Musim Semi dan Musim Panas dan pita yang lebih gelap (wadah kecil) yang terbentuk saat pertumbuhan lebih lambat di akhir Musim Panas / Musim Gugur .)


Usia pohon dari cincin tahunan

 

1. Cari tunggul pohon yang sudah dipotong, sebaiknya yang cukup besar dan lingkarannya mudah terlihat. Cincin terbaru adalah yang terdekat dengan kulit kayu, yang tertua berada di tengah. Kayu di bagian tengah seringkali berwarna lebih gelap (dan mungkin sudah mulai membusuk); ini kadang-kadang disebut inti kayu.

2. Hitung cincin pada tunggul Anda dengan hati-hati dan perkirakan berapa umur pohon Anda saat ditebang.

3. Pada tahun berapa pohon Anda berkecambah?

4. Ambil foto digital tunggul (dari atas) dan cetak salinan besar sehingga Anda masih bisa melihat cincinnya. Tandai pada foto itu cincin yang sesuai dengan tahun Anda lahir, saat orang tua Anda lahir, dan mungkin bahkan saat kakek nenek Anda lahir.

Menghitung cincin adalah cara cepat dan akurat untuk menentukan umur pohon setelah ditebang. Namun, Anda tidak dapat menggunakan cincin di pohon yang masih tumbuh - kecuali Anda melihatnya jatuh dan membunuhnya! Karena pohon yang lebih tua cenderung tumbuh dengan kecepatan yang cukup stabil, Anda bisa mendapatkan gambaran kasar tentang usianya dengan mengukur keliling atau ketebalannya.

Menggunakan meteran:
Ukur satu meter dari tanah.
Dengan bantuan seseorang, putar pita pengukur di sekitar pohon dan catat keliling / lingkar dalam sentimeter.
Ambil angka untuk lingkar / lingkar dan bagi dengan 2.5.
Jadi, jika ketebalannya 140 maka perkiraan umurnya adalah 140 / 2.5 = 56.


No comments for "Mengukur Usia Pohon dengan Lingkaran Tahun"